Rabu, 19 Desember 2007

sulap masuk Kick Andy

Magic atau yang disebut di Indonesia sebagai sulap, ternyata telah "naik derajat" sebagai seni yang (sudah?) disejajarkan dengan seni seni lainnya dan mendapat tempat sebagai alternatif hiburan di dunia industri entertain. Kick Andy, sebuah tayangan talk show di Metro TV yang biasanya mengangkat masalah masalah politik dan fenomena sosial di negeri ini, pada tayangan tanggal 13 Desember 2007 mengangkat magic/sulap sebagai topik bahasannya.

Andy mengatakan, "Sulap sudah sangat menggejala di negri ini, dari mulai anak anak sampai executive muda, banyak yang menggandrungi seni ini. Mereka mempelajari sulap sebagai hobi dan sebagai ice breaker dalam pergaulan."

Adalah Mr Robin, sesepuh dunia sulap Indonesia yang sepanjang hidupnya diabdikan demi seni unik yang satu ini tampil diawal acara Kick Andy. pesulap senior yang selalu berpenampilan bak tentara Rusia dengan topi bulunya ini seraya bercanda membagi sulap menjadi dua kategori. Sulap yang legal dan sulap yang tidak legal. sulap legal ya seperti sulap yang dimainkannya- bertujuan untuk menghibur penonton. Sulap yang tidak legal - sulap yang dilakukan oleh pejabat pejabat, yaitu meyulap uang negara. Mr Robin memang terkenal dengan gaya sulap komedinya.


Mr. Robin

pada tampilan kedua, Kick Andy menampilkan kelompok sulap anak anak yang tergabung dalam komunitas Magic Station pimpinan Didi I Pusu. Mereka adalah Raka, Aris Khank, Gatha, Renata dan yang terkecil Ilona. Renata dan dan sang adik Ilona secara mengejutkan mengeluarkan bendera Kick Andy serta tiangnya yang cukup panjang dari sebuah tas kecil yang secara logika tidak akan muat menyimpannya. Aris Khank dengan routine Torch to rose - obor yang berubah menjadi bunga mawar - raka dengan routine talinya yang membuat penonton bingung sejenak dan tertawa, terakhir Gatha dengan permainan Escapology - melepaskan diri dari ikatan rantai dan borgol yang digembok dalam waktu singkat.



Magic Station

dalam acara ini juga hadir sebuah keluarga yang semuanya berprofesi sebagai pesulap, yaitu keluarga Handy yang merupakan pesulap senior Indonesia. Handy yang memiliki tiga anak yaitu, Soni, Adi dan Rizky, sudah membentuk satu kelompok sulap yaitu Trio Illusionist, bahkan Rizky si bungsu dan merupakan Female Magician, pernah meraih juara 4 Asia pada festival sulap yang di adakan di Subang, Malaysia pada Juni 2007 lalu. Trio Illusionist tampil di acara ini dengan Routine Producing Flower and parasol yang dimainkan Rizky dengan sangat apik dan clean. berbagai rangkaian bunga tak hentinya keluar dari jubah ajaib Rizky. Bukan itu saja, satu persatu payung secara mengejutkan muncul entah dari mana, bahkan beberapa payung sekaligus dihasilkan gadis kelahiran Tasikmalaya ini tanpa penonton tahu dari mana datangnya.

Sulap ternyata bukan hanya "disuguhkan" di panggung panggung atau di televisi, Eghi yang juga merupakan bintang tamu di acara ini menyuguhkan gaya sulap street magicnya yang biasa dimainkannya di bis kota untuk menghibur penumpang. Selain bermain sulap dengan uang pinjaman dari penonton, pesulap jalanan ini juga memainkan trick bending spoon. Membengkokkan sendok dengan kekuatan pikiran.

Di akhir acara muncul seorang pesulap muda yang lagi naik daun yang dikenal dengan Hi tech magicnya. demian sang Ilusionis dengan ciri rambut ala Bezitanya, mengatakan bahwa setiap permainan sulapnya harus memberikan suatu pengalaman baru bagi penontonya. sesuai motto yang selalu didengungkannya - Transforming trick to an experience. Sebagai penutup Sang Ilusionis yang baru saja sukses menggelar "konser sulap" tunggalnya di Medan, menyuguhkan permainan Dakolta Chair. Dengan iringan musik dan gaya teaterikal yang menjadi ciri khasnya, Demian melakukan teleportation kepada penarinya. Dina sang penari dalam waktu sekejab hilang dari panggung dan secara mengejutkan muncul di belakang penonton.


Demian Aditya

Ditengah acara, Andy juga mempromosikan dua buku, yaitu memukau audiensi karangan Steve Cohen - buku yang lebih mengajarkan psikologi dan performance bagi magician ketimbang trick sulapnya. Buku yang "wajib dimiliki bukan hanya oleh magician, namun juga bagi entertainer lainnya. Buku kedua merupakan karya mentalist Indonesia - Deddy Corbuzier beserta murid muridnya di Pentagram, termasuk Demian Aditya. Buku yang masuk rekor Muri sebagai buku sulap Indonesia terlengkap dan trick terbanyak. Buku buku tersebut dapat didapat dengan mengakses situs Kickandy.com. Bagi yang beruntung tentunya.


Sumber : Kickandy.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar