Minggu, 20 April 2008

Ghost Vision bikin geger Beijing

Ronald Ricardo Great Wall - China

Bermula dari melihat tayangan TV Trans 7 pada acara Djarum Black, suatu malam di bulan Maret 2008, ada liputan mengenai 2 kelompok Magicians di Bandung, Invicible 999 dan Synergy. Kalau Invicible 999, Black Jade Magic sudah pernah mewawancarinya, yaitu Denny Darko dan Abu Ace Marlo. Satunya lagi Synergy yang baru terbentuk - Ivan Christian dan Ronald Ricardo - juga merupakan pasangan duo seperti Invicible 999.

Kalau Ivan Christian atau lebih dikenal dengan panggilan Ivan Coin (sulap coinnya jago bo!) Black Jade Magic sudah pernah mewawancarinya tahun lalu sebelum terbentuknya Synergy.

Seorang personal Synergy - Ronald Ricardo - relatif baru, dan Black Jade Magic sempat menonton penampilannya secara duo bersama Ivan Coin di gedung YPK Bandung pada acara pelantikan anggota baru KSB (Komunitas Sulap Bandung) di bulan April 2008. Namun baru di awal bulan Mei ini kami ada kesempatan ber “haha hihi” di sebuah cafe di daerah Dago Bandung. Cafe yang juga merupakan kawah candra dimuka-nya sebagian pesulap pesulap muda Bandung, karena biasanya mereka mencari "korbannya" untuk latihan, ya di cafe itu. Cafe Oh La La di Dago Plaza, yang sering kami plesetkan menjadi Darko Plaza..... (Maklum Denny Darko juga banyak mengasah ilmu sulapnya disini, diawal karirnya waktu masih bareng dengan Tara Kardha).

Malam Minggu di bulan Mei ditemani hujan gerimis, kami - Jack Delab (me), Ronald Ricardo dan teman dekatnya - Eva, mengambil tempat di meja pojok di teras cafe Oh La La, Dago - Bandung. Ditemani cappucino, coffee latte, beberapa bungkus rokok dan nasi goreng (hmm.. ngga nyambung), saya memulai percakapan santai dengan personal yang kayaknya bakal naik daun sebentar lagi...

JD : Jack Delab
RR : Ronald Ricardo

JD : Kemarin di gedung YPK gw lihat penampilan Sinergy, keren euy. (Ronald dan Ivan memainkan Routine Rokok dan Coin secara silent act dengan dibumbui sedikit humor )

RR : He he thanks....

JD : Akhirnya bisa juga ya ngobrol sama loe, setelah berkali kali gagal ketemuan. Bisa diceritain gimana mulanya kenal sulap?

RR : Gw pertama kali tau sulap dari bokap, waktu umur 4 tahun, waktu itu bokap pulang dari luar negeri dan bawa beberapa alat sulap, Linking Ring, Thumbtip dan Dinamic Coin.

JD : Wah bokap suka sulap rupanya?

RR : Iya, tapi cuma hobi aja. Bokap yang pertama kali ajarin gw sulap.
waktu umur 6 tahun pas ulang tahun gw di rumah, salah satu acaranya pertunjukan sulap dari kelompoknya Mr. Robin.

JD : Om Robin main?

RR : Ngga sih, muridnya mungkin. Gw dah lupa siapa... he he..

JD : Trus pernah belajar sulap secara khusus?

RR : Ngga, dari bokap dan dari begaul aja. ketemu Tara kardha, Denny Darko, Abu Ace Marlo dan teman teman dari Magic Castle (Ivan Christian). Trus belakangan dengan adanya KSB kita bisa saling share pengetahuan.

JD : Biasanya kalau abis nguasain trick siapa orang pertama yang loe tunjukin?

RR : Bokap donk, sekalian evaluasi. Kalau udah dibilang bagus baru gw tunjukin ke orang lain. Kan gw pertama kenal sulap dari bokap.

JD : Gw mau lompat nih nanyanya, gw denger di tahun 2007 lalu loe pernah tinggal di Beijing- China? dan ada pengalaman heboh yang berhubungan dengan sulap ya di sana?

RR : He he...tau dari mana?

JD : Ya dari teman teman loe. Ngapain sampe jauh jauh ke China? Ceritain donk.


Ronald Ricardo di tembok China - Great Wall

RR : Ceritanya sekolah, belajar bahasa China. Kan ada pepatah kejarlah ilmu walaupun sampai ke negeri China, he he he...Buat bisnis sekarang ini bahasa China perlu banget

JD : Gimana perkembangan dunia sulap di China? dan loe main sulap di sana?

RR : menurut gw sih sulap di sana masih kalah sama di sini.

JD : Kok? kan China lebih dulu kenal sulap?

RR : Iya sih, tapi yang gw liat di sana banyaknya sulap panggung campur akrobat. Kalau Street Magic jarang gw liat. di Beijing loh, ngga tau di tempat lain. Dari sejak berangkat dari Bandung, di airport, di pesawat gw main sulap, he he.... Gw tinggal di sana di dormitory yang juga sebagai hotel - Liyun Apart Hotel. Selama dua Minggu pertama di sana gw belum tau bahwa di kampus ada komunitas sulap juga. setelah tau akhirnya gw gabung begaul sama mereka.

Ada satu tempat yang udah lama gw cita-citain, main sulap di tembok China. Akhirnya kesampaian juga main di tempat legendaris - David Copperfield tembus tembok China dan gw bikin clip di sana. Tapi gw cuma main street magic he he he...


Ronald Ricardo perform di tembok China


video

Ronald Ricardo Great Wall clip 1

JD : Loe main pas di spot David tembus tembok itu?

RR: Wah gw ngga tau, ngga sempat nanya, tu tembok panjangnya 6400 km bo! Waktu itu pas kampus gw ngadain karya wisata ke sana. Jaraknya kira-kira satu setengah jam dari kampus gw.

video

Ronald Ricardo Great Wall clip 2

JD : iya, gimana spectator (penonton) di sana, banyak heckler (pengacau) ngga?

RR : Heckler? jarang sih, rata rata respon mereka bagus, spontan, ngga jaim. Kalau ditolak main pernah sih, waktu gw nyamperin orang orang di depan pasar barang barang palsu, pernah ditolak. Takut ditipu kali ha ha ha...


video

Ronald Ricardo Great Wall clip 3


video

Ronald Ricardo Great Wall clip 4


JD : Nah sekarang pertanyaan gw masuk ke point yang bikin heboh.

Gw juga denger lo pernah bikin gempar Beijing pake Ghost Vision, bener ngga?

RR : Bikin gempar Beijing? Gila aja kali...!!! maksudnya kampus sama dormitory gw kali?

JD : He he iya, gitulah, gimana ceritanya?

RR : Hmm…asrama yang juga merangkap hotel tempat gw tinggal - Liyun Apart Hotel - terdiri dari sebelas lantai. Gw udah sebulan di sana, waktu itu gw sama teman – teman yang juga dari Indonesia lagi ngumpul-ngumpul di kamar teman gw di lantai paling atas, lantai sebelas. Ada yang asal Surabaya, Jakarta dan kota-kota lain. Sekitar jam 12 malam, kita lagi main kartu, gw iseng pengen jajal efek gimmick Ghost Vision. Trus gw bikin deh skenario yang efeknya ternyata jauh diluar dugaan gw.

Di kamar teman gw itu ada enam orang termasuk gw. Lagi asik main kartu gw bilang sama mereka, “Eh perasaan gw ngga enak nih, pada denger ngga suara jedak-jeduk?” Trus kita pada keluar kamar ke koridor, ngga ada apa apa. (ya iyalah…)
Gw pinjem handphone teman gw yang ada kameranya - waktu itu hp gw ngga ada kamera, trus gw jepret ke arah koridor. Setelah gw liat hasilnya, gw pasang muka pucat! Mereka pada liat juga tu handphone, trus pada nyengir ketakutan….dua jam ngga ada yang berani keluar kamar. Ada yang berdoa terus, sumpah bro! Ini hasil gambarnya.


Ghost Vision di koridor asrama di Beijing

JD : Look real ya….trus?

RR : Gw ngga nyangka hasilnya seheboh itu dan itu belum apa apa. Rupanya tu gambar dalam waktu cepat udah beredar lewat MMS. Sampe di cek sama ahli Photo di sana yang juga jago photoshop. “Asli! Ngga ada rekayasa, satu layer!” katanya. (ya iyalah…lagi). Efek yang lebih jauh, Cewe Thailand yang posisi kamarnya pas di lokasi si ghost tertangkap kamera, langsung pindah asrama.

JD : Ya iya donk, kan mirip sama film hantu Thailand yang judulnya apa tuh? Shutter ya? Yang ngeri banget! Hantunya main basket di koridor.

RR : He he iya, trus yang lebih parah manager sama security hotel sampe tau dan nanya apakah perlu dipanggil orang pintar? Kacau deh!

JD : jadi dipanggil orang pintar?

RR : Ngga sih… malahan yang lebih kacau tu gambar di-print, trus ditempel di lobby hotel, parahkan? Kerjaan anak-anak. Tapi cuma bertahan dua hari udah hilang. Dicabut kali sama manager. Bisa bikin kacau tingkat hunian hotel……

JD : Emang parah loe!

RR : Belum selesai….Pas Weekend kita lagi pada dugem, ketemu sama banyak mahasiswa dari kampus lain. mereka nanya, emang bener ada hantu di dorm loe? Wah rupanya tu cerita sama MMS udah beredar jauh banget – out of control. Kampus-kampus lain jadi pada tau.
Malahan abis itu banyak cerita lain beredar, ada yang bilang liat hantu melayanglah di jendela, dan macam-macam lagi. Belakangan gw baru tau bahwa lokasi dorm gw tuh dulunya kuburan. Cerita makin ngga terkendali deh.

JD: Trus kebongkar rahasia loe?

RR : Sampe gw balik ke Bandung sih ngga kebongkar. Kalau kebongkar mampuslah gw! Itu kecelakaan efek. Ha ha ha….

JD : Gokil-surokil! Mantab-markantab! Kayaknya loe musti tulis surat tuh ke pencipta Ghost vision…… Andrew Mayne. He he he.... ganti topiiik…..!

Setelah balik ke Indonesia pria kelahiran 1983 ini membentuk duo magician bersama Ivan Christian aka Ivan Coin. Selain sebagai magician, Ronald juga seorang pengusaha di bidang furniture di kota Bandung.




Ronald Ricardo - Gong Show


JD : pertanyaan dasar nih, seni sulap menurut loe apa sih?

RR : Mmm..pertanyaan gampang-gampang susah. Yang jelas sulap tuh merupakan seni, jadi sulap ya seni yang menampilkan sesuatu yang ngga mungkin jadi mungkin – make the impossible be possible. Dan apapun yang kita lakukan dengan sulap tujuannya untuk menghibur. Seperti yang dikatakan Robert Houdin – Bapak sulap modern. “Magician is an actor who play a roll as a magician” Kalau gw terjemahin, “Pesulap adalah seorang aktor yang sedang memerankan dirinya sebagai orang yang dalam tanda kutip dapat mengilusikan efek-efek yang ajaib.” Jadi pesulap sebenarnya adalah seorang aktor, dan tujuannya untuk menghibur dengan “tools”-nya sulap.

JD : Mm….dalem juga. Kalau menurut loe lagi, pesulap di Indonesia udah bisa jadi profesi yang menjanjikan belum?

RR : Na ini yang juga susah gw jawab. Bagi sebagian pesulap mungkin udah bisa jadi profesi utama dan menjanjikan, tapi bagi sebagian lainnya belum. Tingkat apresiasi masyarakat Indonesia juga berpengaruh. Sampai dimana dan seperti apa mereka memandang seni ini. Dari sisi pesulapnya, kita juga harus berjuang agar seni ini dipandang tinggi oleh masyarakat Indonesia.

JD : Oke, kalau scene sulap atau lingkungan pesulap di Bandung menurut loe gimana?

RR : Gw ngga tau ya di kota-kota lain, menurut gw selama yang gw rasain, atsmosphere sesama pesulap di Bandung bagus, yang muda-muda ya. Kita saling men-suport dan saling share dalam meningkatkan performance.

JD : Loe setuju ngga kalau belajar sulap harus mahal?

RR : menurut gw sulap memang harus “mahal” karena yang kita tampilin kan sebuah hiburan yang sarat mistery.Salah satu kuncinya adalah secrecy – kerahasiaan – kalau semua orang tau rahasianya dengan mudah dan murah, ya basi donk sulapnya. Jadi mahalnya sulap juga merupakan salah satu filter bagi yang mau serius mendalami seni ini atau cuma main-main dan cuma ingin tau doank trus bongkar-bongkarin rahasianya seenaknya. Kalau dia mendapatkannya dengan “mahal” logikanya dia juga akan menjaga secrecy itu dengan hati hati.

JD : jenis sulap yang loe mainin apa?

RR : sekarang sih masih general, tapi kayaknya gw mengarah jadi illusionist deh.

JD : Ada magician yang loe idolain atau jadi inspirator loe?

RR : yang jelas David Copperfield ya, dari semua aspek sebagai seorang entertainer dia perfect. Trus Cyril takayama, permainannya smooth dan juga perfect.

JD : kalau criss Angel

RR : Menurut gw permainan dia gayanya agak-agak hard core, bukan ngga bagus, cuma bukan style gw aja.

JD : Dari keluarga atau orang terdekat, semua support loe terjun ke dunia sulap?

RR : Iya donk, kan justru dari bokap gw bisa terjun ke dunia mistery ini. Orang terdekat (Eva) ya jelas dong, dia support abisss..! he he he...

JD : Last question..Apa program Synergy yang paling dekat?

RR : Bulan Juni atau Juli ini synergy road show ke Bali.

JD : Ok deh, thanks ya atas waktunya ngobrol bareng Black Jade Magic, good luck semoga sukses ke depannya.

RR : Ok, sukses juga buat Black Jade Magic Magazine-nya….


(Semoga Ronald tidak ditangkap oleh Interpol dan diadili di China karena kasus Ghost Visionnya yang bikin heboh Beijing, terungkap setelah pihak China membaca obrolan ini…. oops!)

4 komentar:

  1. ghost vision emang keren, tapi ngga nyangka efeknya bisa kayak gitu...keren abis!

    Steven...

    BalasHapus
  2. I have one the ghost vision effect from Andrew Mayne, but you did it perfecto!

    Michael
    New York

    BalasHapus
  3. Gw udah lama punya Ghost vision, gw pikir itu gimmick ecek-ecek. Ngga taunya bisa bikin heboh kek gt ya?

    Danniel
    Medan

    BalasHapus
  4. For: steven, michael, and daniel
    Hehe gua jg ga nyangka efeknya bisa hebat begitu....
    Tapi jgn salah loh... walo gimmick ecek ecek ataupun trik-trik sederhana bisa jadi keren dengan akting yang meyakinkan hahaha (must be done in the right time and also the right place) ^^

    BalasHapus